DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ………………………………………………………………………….. i
HALAMAN PENGESAHAN ……………………………………………………………… ii
KATA PENGANTAR ………………………………………………………………………… iv
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………..vi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latarbelakang
B. Visi
C. Misi
BAB II PEMBAHASAN
A. Studi Ekonomi dan Pembangunan
B. Sifat Ekonomi Pembangunan
C. Perhatian Terhadap Pembangunan Negara yang Sedang Berkembang
D. Kurikulum
BAB III PENUTUP
A. Ringkasan dan kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………………………
Vi
Kata pengantar
Segala puji bagi Tuhan yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik. Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang ILMU EKONOMI STUDY PEMBANGUNAN, yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang “ILMU EKONOMI STUDY PEMBANGUNAN” yang sangat penting bagi yang berminat pada jurusan ilmu ekonomi study pembangunan . Walaupun makalah ini mungkin kurang sempurna tapi juga memiliki detail yang cukup jelas bagi pembaca.
Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada guru bahasa Indonesia sang Penyusun yaitu pak rustam yang telah membimbing penyusun agar dapat mengerti tentang bagaimana cara kami menyusun karya tulis ilmiah. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.
JAMBI, JUNI 2011
RYAN PRAYODI JONATHAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Jurusan (IESP) merupakan salah satu dari tiga jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi Universitas Jambi, yang berdiri pada tahun 1963 berdasarkan Keputusan Menteri PTIP No 25 tanggal 23 Maret 1963. Dalam perjalanan akademiknya, jurusan IESP telah berperan cukup penting khususnya dalam membantu pemerintah daerah dalam mempersiapkan tenaga handal yang dibutuhkan bagi percepatan pembangunan daerah. Sampai sejauh ini, alumni Jurusan IESP telah banyak berperan dalam perumusan kebijakan pembangunan di seluruh pelosok propinsi Jambi. Jumlah alumni yang berhasil menduduki posisi strategis di berbagai instansi penting seperti Departemen Keuangan, perbankan, dan sebagainya juga relatif cukup banyak.
Selanjutnya dalam upaya meningkatkan peran serta jurusan IESP dalam berbagai aspek pembangunan daerah, telah dijalin kerjasama dengan berbagai instansi dan lembaga di lingkup provinsi Jambi dan nasional. Beberapa kali kerja sama yang sudah berlangsung diantaranya adalah: kerjasama antara jurusan IESP dengan Bank Indonesia, Bappeda Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi, BPKP, Bappenas, PT. BBS (Bukit Bintang Sawit), BPR Tanggo Rajo, BPR Pondah, Conoco Philips, JICA dan sebagainya. Kerjasama yang dilakukan dengan berbagai pihak tersebut terwujud dalam berbagai bentuk kegiatan, meliputi: kegiatan penelitian dan pengembangan, berbagai kegiatan pelatihan, seminar, lokakarya dan berbagai program advokasi atau program pendampingan termasuk beberapa kegiatan yang terkait dengan perencanaan pembangunan daerah.
Saat ini jurusan IESP memiliki 5 (lima) bidang konsentrasi ilmu, yaitu:
1. Konsentrasi Perencanaan dan Pembangunan Regional (PPR)
2. Konsentrasi Industri dan Perdagangan Internasional (IPI),
3. Konsentrasi Sumberdaya Manusia dan Kependudukan (SMK),
4. Konsentrasi Ekonomi Publik dan Keuangan Daerah (EPK)
5. Konsentrasi Ekonomi Islam dan Perbankan Syariah
Lima konsentrasi yang ditawarkan pada jurusan IESP FE-UNJA ini merupakan jawaban atas kebutuhan pasar yang berkembang dewasa ini, khususnya dalam rangka pengembangan dan pembangunan daerah Jambi. Melalui lima konsentrasi tersebut diharapkan dapat dihasilkan lulusan yang memiliki karakteristik dengan keahlian khusus, sehingga mampu berperan dan berpartisipasi dalam pembangunan daerah. Keahlian khusus yang dimaksud adalah sebagai berikut:
Konsentrasi Perencanaan Pembangunan Regiona (PPR), diharapkan mampu menciptakan tenaga perencana yang handal, sehingga dapat mengisi kebutuhan dan peluang kerja sesuai dengan bidangnya.
Konsentrasi Industri dan Perdagangan Internasional (IPI), dimaksudkan untuk dapat menghasilkan lulusan yang mampu menciptakan dan memanfaatkan peluang pasar dan peluang investasi, memiliki kemampuan analisis untuk memecahkan persoalan di sektor industri, keuangan, perbankan, dan perdagangan internasional. Keberadaan konsentrasi ini menjadi semakin penting dikaitkan dengan isue perkembangan global.
Konsentrasi Sumberdaya Manusia dan Kependudukan (SMK) diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas, mampu memecahkan masalah kependudukan dan ketenagakerjaan.
Konsentrasi Ekonomi Publik dan Keuangan Daerah (EPK), diharapkan mampu menciptakan lulusan yang dapat menerapkan ilmunya dalam bidang ekonomi publik dan keuangan daerah.
Konsentrasi Ekonomi Islam dan Perbankan Syariah (EIS), diharapkan mampu menciptakan lulusan yang dapat menerapkan ilmunya diperbankan syariah.
B. Visi
Menjadi jurusan yang unggul dalam bidang ilmu ekonomi di Indonesia pada tahun 2020
C. Misi
1. Mengembangkan pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi sehingga dapat menghasilkan lulusan yang mampu bersaing merebut peluang kerja di pasar kerja.
2. Mengembangkan penelitian dan kegiatan ilmiah sehingga mampu memberikan sumbangan konstruktif bagi percepatan pembangunan baik pada tingkat kabupaten / kota, provinsi, regional dan nasional.
3. Mengembangkan pengabdian dan pelayanan pada masyarakat sehingga mampu mendorong kreativitas masyarakat untuk maju dan berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki.
4. Meningkatkan kualitas manajemen program studi termasuk pengembangan database program studi dan transparansi keuangan.
5. Meningkatkan kualitas personil jurusan yang meliputi tenaga administrasi dan dosen yang diarahkan sesuai dengan disiplin ilmu yang diminati dan kebutuhan jurusan khususnya serta fakultas dan universitas pada umumnya.
6. Meningkatkan dan memberdayakan kosentrasi keilmuan di tingkat jurusan sesuai dengan tuntutan pelayanan pembangunan daerah, nasional dan global.
Tujuan Program Studi IESP Universitas Jambi mengacu pada statuta, Renstra, direktori program studi, kurikulum, dan peraturan perundang-undangan terkait. Secara rinci tujuan program IESP adalah:
2. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, sehingga unggul dalam menciptakan peluang kerja khususnya di Propinsi Jambi.
3. Menciptakan lulusan yang mampu bersaing dengan lulusan dari jurusan IESP yang sama di perguruan tinggi lainnya, khususnya di Sumatera dan umumnya di Indonesia dalam merebut pasar kerja pada level dan skala regional dan nasional
Untuk mencapai tujuan itu, maka tujuan institusional jurusan IESP adalah sebagai berikut:
1. Mempersiapkan mahasiswa yang memiliki basis intellectual academic and professional scientific dalam disiplin ilmu ekonomi dan studi pembangunan, sehingga mampu mengaplikasikannya dalam dunia nyata.
2. Memungkinkan lulusan IESP untuk mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari program studi IESP kepada masyarakat sehingga mereka mampu memainkan peran dalam pengembangan masyarakat lokal maupun dalam cakupan yang lebih luas.
3. Meningkatkan daya saing lulusan melalui pengembangan kurikulum, program akademis dan proses pendidikan sehingga mampu unggul dari lulusan yang sama dari perguruan tinggi lain saat memasuki pasar kerja baik di sektor swasta, BUMN/BUMD, maupun di sektor pemerintah.
4. Menghasilkan sarjana IESP yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan memiliki kemampuan akademik dan profesional sesuai dengan bidang ilmunya, yang dapat diandalkan untuk mengisi pasar tenaga kerja di kawasan lokal, regional maupun nasional, serta mampu dan termotivasi untuk mengembangkan diri sesuai kebutuhan perkembangan Iptek di bidang ilmu ekonomi yang mempunyai rasa kebanggaan, kekerabatan yang tinggi dan cinta almamater.
5. Menghasilkan publikasi, laporan, model dan piranti lainnya sebagai hasil penelitian dan upaya pengabdian masyarakat, yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pengembangan dan pembangunan ekonomi di Provinsi Jambi khususnya dan di tingkat nasional pada umumnya.
6. Menghasilkan olahan dan diseminasi informasi ekonomi yang bermanfaat dalam meningkatkan kualitas dan produktifitas masyarakat di Provinsi Jambi khususnya dan di tingkat nasional pada umumnya.
7. Menghasilkan piranti dan kiat pengembangan organisasi pendidikan tinggi, khususnya di bidang ilmu ekonomi, yang dapat bermanfaat sebagai wahana studi banding bagi institusi lain.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Studi Ekonomi dan Pembangunan
Studi ekonomi pembangunan adalah suatu cabang yang paling baru, paling menggairahkan dan menantang dari disiplin ilmu yang lebih luas yaitu ilmu ekonomi dan politik ekonomi. Ilmu ekonomi pembangunan mungkin menggunakan prinsip-prinsip ilmu ekonomi lainnya baik dalam bentuk asli maupun setelah dirubah, tetapi untuk sebagian besar Ilmu Ekonomi Pembangunan adalah suatu bidang studi yang mengembangkan struktur teori dan metodologinya sendiri dengan cepat.
B. Sifat Ekonomi Pembangunan
Ilmu ekonomi tradisional berhubungan dengan alokasi sumber-sumber daya produktif secara efisien dengan biaya serendah-rendahnya, dan dengan pertumbuhan optimal dari sumber daya ini sedemikian sehingga menghasilkan barang dan jasa yang semakin banyak (ilmu ekonomi tradisional diartikan sebagai ekonomi klasik dan neo klasik)
Politik ekonomi membahas lebih dari ekonomi tradisional, antara lain proses sosial, dan kelembagaan yang memungkinkan kelompok elit politik dan ekonomi mempengaruhi alokasi sumber daya produktif yang terbatas, sekarang atau dimasa mendatang, baik secara khusus untuk keuntungan sendiri atau untuk keuntungan masyarakat yang lebih besar. Ekonomi politik membahas kaitan antara ilmu politik dan ilmu ekonomi, dengan perhatian utama pada peranan kekuasaan dalam keputusan ekonomi.
Cakupan Ilmu ekonomi pembangunan lebih luas lagi. Ilmu ini selain membahas alokasi sumber daya secara efisien dan pertumbuhan yang lestari dari waktu ke waktu, harus pula menguraikan mekanisme perekonomian, sosial, kelembagaan baik dari pemerintah maupun swasta untuk menciptakan perbaikan kehidupan yang lebih luas dan lebih cepat bagi kelompok yang dicekam kemiskinan, kelaparan dan buta huruf.
C. Perhatian Terhadap Pembangunan Negara yang Sedang Berkembang
Perhatian dunia terhadap perkembangan ekonomi di negara-negara sedang berkembang dimulai pada setekah perang dunia ke II, pada masa sebelumnya negara-negara di dunia perhatiannya lebih terpusat kepada kondisi perang dan politik yang tidak menentu, baru setelah perang dunia ke II berhenti, sebagian besar negara maju melihat betapa kondisi memprihatinkan terjadi pada negara-negara miskin. selain itu pula bahwa pada masa sebelum PD II para ekonom dinegara-negara maju lebih memusatkan analisis mereka kepada tenaga kerja di negara-negara maju yang mengalami resesi karena peperangan, jumlah pengangguran yang semakin bertambah sementara kegiatan ekonomi mengalami krisis.
D. Kurikulum
Untuk menyesuaikan dengan perkembangan dunia kerja Jurusan IESP telah melakukan beberapa kali penyesuaian kurikulum. Pada saat ini, kurikulum yang digunakan adalah kurikulum tahun 2007, dengan jumlah SKS yang harus diselesaikan oleh mahasiswa untuk menamatkan strata satu berjumlah 148 SKS.
Mata kuliah yang ditawarkan pada tiap semester pada Jurusan IESP berdasarkan kurikulum 2007 adalah sebagai berikut:
SEMESTER I
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS |
1 | AGA 101 | Pendidikan Agama | 3 |
2 | PPK 102 | Pend. Pancasila & Kewarganegaraan | 3 |
3 | ING 111 | Bahasa Inggris I | 3 |
4 | STA 124 | Statistik I | 3 |
5 | MAT 111 | Matematika Ekonomi | 3 |
6 | PEK 111 | Pengantar Mikro Ekonomi | 3 |
7 | PBS 112 | Pengantar Bisnis | 3 |
8 | PAK 111 | Pengantar Akuntansi | 3 |
SEMESTER II
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS |
1 | IBD 104 | Ilmu Budaya Dasar | 3 |
2 | PEK 211 | Pengantar Makro Ekonomi | 3 |
3 | MAT 112 | Matematika Ekonomi II | 3 |
4 | STA 224 | Statistik II | 3 |
5 | SPO 119 | Sosiologi dan Politik | 3 |
6 | AHE 131 | Aspek Hukum Dalam Ekonomi | 3 |
7 | IND 107 | Bahasa Indonesia | 2 |
8 | KOP 118 | Ekonomi Koperasi | 3 |
9 | ING 112 | Bahasa Inggris II | 3 |
10 | EPN 111 | Ekonomi Kependududkan | 3 |
SEMESTER III
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS |
1 | MIK 111 | Mikro Ekonomi I | 3 |
2 | MAK 111 | Makro Ekonomi I | 3 |
3 | EPB 111 | Ekonomi Pembangunan | 3 |
4 | AKP 171 | Analisis Kependudukan | 3 |
5 | KOM 158 | Pengantar Aplikasi Komputer | 3 |
6 | ESL 144 | Ekonomi SDA dan Lingkungan | 3 |
7 | EIN 140 | Ekonomi Industri | 3 |
8 | SPE 152 | Sejarah Pemikiran Ekonomi | 3 |
SEMESTER IV
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS |
1 | MIK 112 | Mikro Ekonomi II | 3 |
2 | MAK 112 | Makro Ekonomi II | 3 |
3 | ESM 163 | Ekonomi Sumber Daya Manusia | 3 |
4 | PRP 159 | Perencanaan Pembangunan I | 3 |
5 | EKI 115 | Ekonomi Internasional I | 3 |
6 | PUB 135 | Ekonomi Publik I | 3 |
7 | EMO 116 | Ekonomi Moneter I | 3 |
8 | EPE 145 | Ekonomi Pertanian | 3 |
9 | KWU 109 | Kewirausahaan | 3 |
SEMESTER V
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS |
1 | EVP 146 | Evaluasi Proyek | 3 |
2 | EKA 151 | Ekonometrika | 3 |
3 | MEP 125 | Metode Penelitian | 3 |
4 | MKP 155 | Masalah & Kebij. Pembangunan | 3 |
5 | AGR 171 | Agribisnis | 3 |
6 | PRP 259 | Perencanaan Pembangunan II | 3 |
7 | EIN 141 | Ekonomi Industri II | 3 |
8 | ESM 164 | Ekonomi Sumber Daya Manusia II | 3 |
9 | EPR 111 | Ekonomi Regional | 3 |
10 | EKI 215 | Ekonomi Internasional II | 3 |
11 | EKK 111 | Ekonomi Kependudukan & Ketenagakerjaan | 3 |
12 | ESL 244 | Ekonomi SDA dan Lingkungan Lanjutan | 3 |
13 | PRO 111 | Ekonomi Produksi | 3 |
14 | SER244 | Sem. Ek. Pengembangan Regional | 3 |
SEMESTER VI
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS |
1 | PEI 121 | Perekonomian Indonesia | 3 |
2 | EIS 111 | Ekonomi Islam | 3 |
3 | SPR 111 | Seminar Perenc. & Pembangunan Regional | 3 |
4 | SEI 111 | Sem. Ek. Industri & Perdagangan Internasional | 3 |
5 | SDK 111 | Seminar SDM & Kependudukan | 3 |
6 | SDK 111 | Seminar SDM & Kependudukan | 3 |
7 | KUDI 111 | Keuangan Daerah | 3 |
8 | EPR 111 | Ekonomi Pembangunan Regional | 3 |
9 | PED 112 | Perekonomian Daerah | 3 |
10 | PUB 235 | Ekonomi Publik II | 3 |
11 | EKS 111 | Ekonomi Kesehatan | 3 |
12 | EKM 111 | Ekonomi Migrasi | 3 |
13 | EPT 111 | Ekonomi Perkotaan & Transportasi | 3 |
14 | EPW 111 | Ekonomi Pariwisata | 3 |
15 | OPR 157 | Riset Operasi | 3 |
16 | SAD 111 | Seminar Agribisnis dan SDA | 3 |
17 | SPD 111 | Sosiologi Pedesaan | 3 |
18 | EKK 111 | Ekonomi Kehutanan | 3 |
19 | ADLI 111 | Analisis Dampak Lingkungan | 3 |
20 | EMO 112 | Ekonomi Moneter II | 3 |
21 | EKA 152 | Ekonometrik II | 3 |
SEMESTER VII
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS |
1 | KKN 105 | Kuliah Kerja Nyata / Magang | 4 |
2 | SKR 156 | Skripsi | 6 |
BAB III
PENUTUPAN
A. Ringkasan dan Kesimpulan
Ilmu ekonomi pembangunan adalah suatu perluasan yang sangat penting dari ilmu ekonomi tradisional dan politik ekonomi. Sementara ilmu ini mementingkan alokasi sumber daya secara efisien dan pertumbuhan output yang mantap, ia juga memusatkan perhatian terutama kepada mekanisme perekonomian, sosial dan kelembagaan yang diperlukan untuk menghasilkan perbaikan taraf hidup yang cepat dalam skala besar bagi sejumlah besar orang dinegara dunia ketiga.
Strategi pembangunan ekonomi masa lalu yang berupaya untuk meningkatkan hasil pertanian, menciptakan lapangan kerja dan menghilangkan kemiskinan sering gagal karena para ekonom dan penasihat kebijakan yang lainnya tidak melihat perekonomian sebagai suatu sistem sosial yang saling tergantung satu sama lain yang kekuatannya berinteraksi secara terus menerus, sesekali bersama-sama dan pada waktu yang lainnya berkontradiksi
Definisi ilmu ekonomi pembangunan itu sendiri secara ringkas merupakan suatu cabang ilmu yang menganalisis permasalahan yang dihadapi oleh negara berkembang untuk kemudian dicari pemecahannya agar pembangunan di negara tersebut dapat maju lebih cepat lagi.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar